Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

MENGKRITIK ATAU MEMUJI BERBAGAI KARYA SASTRA DENGAN BAHASA YANG LUGAS DAN SANTUN

Mengkritik atau Memuji Berbagai Karya Sastra dengan Mengunakan Bahasa yang Lugas dan Santun - Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari ketidaksempurnaan dan kekurangan. Karena itu manusia membutuhkan masukan dari orang lain.

Kritik, merupakan salah satu kenyataan yang harus kita terima untuk mengetahui kelemahan kita. Kritik tidak selalu harus kita tanggapi sebagai hal yang negatif. Justru dengan kritik, kita bisa menemukan kesalahan dan kekurangan yang mungkin tidak kita sadari. Dengan kritik kita bisa memperbaiki kekurangan kita, sehingga kita bisa menghasilkan karya yang lebih baik.

Pada kesempatan ini kita akan membahas materi kelas IX SMP, yaitu Mengkritik atau Memuji Berbagai Karya Sastra dengan Bahasa yang Lugas dan Santun

  • Bahasa Lugas
Bahasa Lugas, maksudnya adalah mengungkapkan gagasan atau maksud secara eksplisit langsung, ditandai dengan penggunaan kata bermakna denotatif serta logika yang runtut dan jelas.
  • Bahasa Santun
Bahsa Santun, yaitu bahasa yang memperhatikan etika dalam berkomunikasi, tidak menimbulkan kesan negatif, dan menghargai lawan bicara. Bahasa santun ditandai dengan :
  1. Penggunaan kosakata yang tidak menimbulkan konotasi negatif
  2. Tidak melukai perasaan orang
  3. Tidak menggunakan ungkapan jorok, kasar dan tabu
Semua karya bisa kita jadikan objek kritik, diantaranya lagu, puisi, drama, film, dan sebagainya, tentunya dengan memperhatikan aspek-aspek yang telah kita bahas di atas.

Menyampaikan Pujian

Selanjutnya kita bahas bagaimana cara menyampaikan pujian. Sebagai manusia tentu kita lebih senang menerima pujian daripada menerima kritik. Itu adalah sifat alami manusia yang lebih menyukai sesuatu yang terlihat lebih bagus/mengenakan untuk diterima.

Untuk menyampaikan pujianpun kita harus memperhatikan etika dan kesantunan dalam berbahasa. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menyampaikan pujian, diantarnya :
  1. Menggunakan kata-kata yang baik dan sopan
  2. Memuji disertai dengan alasan yang tepat
  3. Tidak memuji secara berlebihan
Yang harus kita perhatikan adalah dalam menyampaikan kritik maupun pujian kita harus selalu memperhatikan unsur kesantunan dan kesopanan.

Demikian postingan tentang Mengkritik Berbagai Karya Sastra dengan Mengunakan Bahasa yang Lugas dan Santun semoga bermanfaat.

Selamat Belajar... !!! :)






0 komentar:

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
MENGKRITIK ATAU MEMUJI BERBAGAI KARYA SASTRA DENGAN BAHASA YANG LUGAS DAN SANTUN