Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

LANGKAH-LANGKAH MENANGGAPI ISI LAPORAN

Langkah-Langkah Menanggapi Isi Laporan - Laporan merupakan bentuk pertanggungjawaban dari bawahan kepada atasan, atas hasil kerja yang telah dilaksanakannya. Laporan bisa disampaikan secara lisan maupun tulisan. Sebelumnya kita pernah membahas laporan perjalanan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas langkah-langkah menanggapi isi laporan.

Menanggapi artinya memberi respon terhadap isi laporan yang disampaikan. Bentuk tanggapan pada sebuah laporan, bisa berupa pertanyaan, persetujuan atau ketidaksetujuan, pendapat pribadi tentang hal yang disampaikan dalam laporan ataupun saran-saran untuk memperbaiki dan menyempurnakan laporan tersebut. 

Untuk dapat menanggapi laporan yang disampaikan, tentu kita harus memahami secara utuh isi laporan tersebut.  Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan  dalam menanggapi sebuah laporan, yaitu :

1. Sampaikan tenggapan secara objektif
Menanggapi laporan secara objektif, artinya dalam menyampaikan tanggapan kita harus fokus pada objeknya, jangan menghubungkan objek yang dikomentari atau ditanggapi dengan subjek atau si pembuat laporan tersebut.

2. Tepat sasaran.
Tepat sasaran, artinya dalam menanggapi laporan, kita harus fokus dan tertuju pada isi laporan tersebut, memberikan tanggapan yang menyimpang dari isi laporan, jelas tidak logis, dan tidak memberikan manfaat.

3. Tujukan tanggapan pada hal-hal yang bersifat membangun atau memperbaiki kekurangan laporan.
Fokuslah untuk memberikan tanggapan yang membangun, dan berikan saran-saran perbaikan jika dipandang perlu.


Setelah memperhatikan hal-hal di atas, kita bisa menanggapi laporan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-Langkah Menanggapi Isi Laporan

1. Pahami laporan secara utuh

Pahami isi laporan secara utuh agar kita benar-benar memahami laporan tersebut, usahakan untuk memahami sedetail mungkin, agar kita lebih mudah untuk menanggapi laporan tersebut.

2. Temukan gagasan yang dikemukakan laporan tersebut

Temukan gagasan-gagasan dalam laporan untuk mengetahui secara umum, bahasan laporan. Dengan menemukan gagasan pada laporan, kita bisa mengetahui maksud dari penulis laporan, sehingga kita akan lebih mudah menanggapi isi laporan.

3. Pilih secara spesifik, bagian yang akan ditanggapi

Pilih bagian yang akan kita tanggapi, tentukan dengan jelas, sehingga tanggapan kita tidak akan melenceng dari topik.

4. Sampaikan tanggapan disertai dengan fakta-fakta

Untuk mendukung opini yang kita sampaikan, kita perlu memaparkan fakta-fakta tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi laporan, sehingga tanggapan kita tidak dianggap tanggapan tanpa dasar yang jelas.


Demikianlah pembahasan tentang Langkah-Langkah Menanggapi Isi Laporan, semoga bermanfaat.
Selamat belajar.. !! :)







0 komentar:

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
LANGKAH-LANGKAH MENANGGAPI ISI LAPORAN