Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

CONTOH SOAL UN BAHASA INDONESIA TENTANG PARAGRAF DAN JAWABANNYA

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Tentang Paragraf dan Jawabannya - Banyak berlatih adalah kunci sukses menaklukan UN. Pada kesempatan ini, saya akan menyajikan beberapa contoh soal tentang paragraf beserta jawabannya.

Langsung saja kita simak 5 soal latihan tentang paragraf, di bawah ini.


SOAL 1
1.     Perkebunan teh Malabar dibangun pada tahun  1890  pada ketinggian 1550  m di atas permukaan  laut.  Lokasinya berada  45 km di Selatan Kota Bandung dengan udara sedang 16 C sampai 26 C.  Perkebunan ini  dibenahi hingga pemandangannya   sangat indah. Hamparan pegunungan   diliputi   oleh    tanaman   teh  yang  rnenghijau.   Teh dari perkebunan  ini sudah dikenal orang di dunia.

Gagasan utama paragraf tersebut  adalah ....
A. Bandung terkenal dengan tehnya
B.  Perkebunan teh  Malabar
C.  Pegunungan Malabar   di  Bandung
D. Teh Malabar   terkenal di dunia

SOAL 2
2.     Sebentar  lagi musim penghujan  akan tiba.  Sejumlah  persiapan  pun dilakukan   Pemerintah   Provinsi  DKI  Jakarta   untuk   mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang.   Selain  rnelakukan   normalisasi   waduk,   Pemprov  DKI  pun mulai  melakukan  simulasi  terkait   penyaluran  logistik   kepada  warga saat banjir.  Pemprov  DKI mempelajari    berdasarkan  hasil  evaluasi   dari musibah banjir yang terjadi  pada awal tahun sebelumnya.

Gagasan utama paragraf tersebut  adalah  ....
A.  Pemprov DKI mempelajari  hasil evaluasi banjir
B.  Persiapan Pemerintah  Provinsi DKI Jakarta
C.  Pemprov DKI langganan banjir  setiap tahun
D.  Antisipasi  Pemprov DKI terhadap  banjir

SOAL 3
3.     (1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulal  menjangkiti Indonesia. (2) Tanpa kenal  batasan  kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat,    (3) Masalah    yang    disekat-sekat    sebagai penyakit  gaya  hidup   ini.  (4)  Penyebab utamanya   adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama  paragraf  tersebut  terdapat   pada kalimat nomor. ...
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)

SOAL 4
4.     Stroke tidak hanya terjadi  pada otak. Hal yang sama terjadi  pada mata.  Stroke  di otak terjadi karena adanya sumbatan pernbuluh darah  otak.   Hal   ini dapat    menyebabkan  kelumpuhan   sebagian anggota   tubuh.   Adapun  stroke   mata   terjadi    karena   adanya hambatan suplai darah  ke saraf rnata.

Simpulan isi  paragraf tersebut adalah   ....
A. Gangguan darah menjadi penyebab stroke otak dan mata,
B. Stroke banyak menyerang otak  melalui  pembuluh  darah.
C. Stroke sangat berbahaya bagi kesehatan mata.        
D. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan pada anggota tubuh.

SOAL 5
5.     Cokelat yang sering meniadi   primadona   untuk  memulihkan  rasa stres ternyata   dapat  mencegah  pertumbuhan  jerawat  yang sedang  diderita oleh    seseorang.   Sebuah  penelitian   yang  dilakukan   oleh    mahasiswa kedokteran    di   University     of   Miami     School     of   Medicine      berhasil menemukan  cokelat  memiliki    peran  mencegah    pertumbuhan  jerawat. Responden dalam   penelitian  tersebut  terdiri  atas sepuluh   pria  berusia 18 hingga 35 tahun.  Mereka diminta  memakan  cokelat murni sebanyak tiga hingga empat ons. Setelah  itu mereka harus diet  selama  seminggu. Selama proses diet inilah ditemukan  hormon jerawat yang kian hari kian memburuk.

Simpulan  isi  paragraf tersebut  adalah  ....
A. Cokelat  baik  untuk memulihkan stres.
B. Cokelat  diteliti  oleh mahasiswa kedokteran di University  of  Miami.
C. Cokelat  memliki  peran mencegah  pertumbuhan jerawat.

D. Responden mengalami   pertumbuhan  jerawat yang kian  memburuk.


Demikian postingan tentang Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Tentang Paragraf dan Jawabannya. Semoga bermanfaat. Selamat belajar!




0 komentar:

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
CONTOH SOAL UN BAHASA INDONESIA TENTANG PARAGRAF DAN JAWABANNYA