Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

MENULIS LAPORAN (REPORTASE)

Menulis Laporan Reportase dengan Bahasa yang Baik dan Benar - Merupakan materi bahasa Indonesia SMP kelas VIII. 

Reportase  adalah laporan keadaan suatu tempat atau kejadian yang ditulis secara lengkap dan cermat. Reportase biasanya ditulis/ dilaporkan oleh seorang wartawan atau reporter mengenai peristiwa yang dilihatnya. Kegiatan ini sangat penting dalm menghasilkan sebuah berita. Informasi yang terkandung dalm reportase merupakan fakta-fakta yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan narasumber yang kemudian diolah menjadi satu berita yang komplit.

Berita yang baik adalah berita yang menyajikan fakta-fakta secara objektif, oleh karena itu seorang reporter haruslah mempunyai sifat jujur dan objektif serta tidak memihak. 

Unsur-unsur Berita

Berita yang baik harus memenuhi unsur 5W + 1H sehingga menghasilkan berita yang lengkap. Unsur berita tersebut meliputi :
1. What (apa)
    Peristiwa apa yang terjadi/diberitakan
2. Who/siapa? 
    Siapa saja tokoh yang terlibat dalam peristiwa tersebut
3. Where/ di mana? 
    Di mana terjadinya peristiwa yang diberitakan  
4. When/ kapan ?
    Waktu terjadinya peristiwa yang diberitakan 
5. Why/mengapa?
    Alasan atau penyebab mengapa sebuah peristiwa bisa terjadi
6. How/bagaima?
    Bagaimana kejadian itu terjadi, atau proses kejadian pada berita yang dilaporkan.

Jika semua unsur di atas telah terpenuhi, maka suatu berita (reportase) bisa dikatakan lengkap. 

Teknik Reportase
Teknik yang bisa dilakukan dalam kegiatan reportase antara lain :
1. Wawancara,
2. Observasi,
3. Riset Dokumentasi.

Baca Juga :
Menyampaikan Berbagai Peristiwa Secara Lisan
Contoh Reportase


Lokasi Bumi Perkemahan Kalisoro 
Tawangmangu

   Kalisoro merupakan bumi perkemahan yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, wilayah Kabupaten Karangangyar. Kalisoro terletak di lereng sebelah barat Gunung Lawu. Sebelah barat Gunung Lawu masuk Wilayah Jawa Tengah dan sebelah timur masuk Jawa Timur. Dari arah Solo menuju ke timur. Jarak dari Kota Solo sekitar 40 km. Jika menggunakan kendaraan pribadi jalan menuju ke lokasi ini cukup lebar, halus, meskipun banyak tanjakan curam, dan tikungan-tikungan tajam. Pada hari-hari libur, jalan menuju lokasi ini tidak terlalu ramai sehingga membuat perjalanan ke sana terasa lebih menyenangkan. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, tersedia bus jurusan Solo-Tawangmangu.
 
   Udara di sana masih sangat segar. Karena letaknya yang cukup tinggi dari permukaan laut, udaranya terasa dingin dan sejuk, baik pagi hari maupun siang hari. Apalagi ketika malam tiba, udara dingin sangat terasa sampai ke tulang-tulang sumsum. Sangat berbeda dari hawa di perkotaan. Di sekitar lokasi pemandangannya sangat indah. Hijau pepohonan dan birunya puncak gunung dapat dinikmati dari lokasi perkemahan. Namun, jika berkemah di sana harus hati-hati sebab di sekitar terdapat jurang yang cukup dalam. Di samping jurang, pandangan dapat pula kita tujukan ke sekitar lokasi yaitu kebun sayur yang jarang kita temukan di perkotaan. Ternyata dari sanalah aneka sayuran yang membanjiri perkotaan berasal. Yang banyak kita temukan adalah tanaman wortel yang segar dan seolah- olah enak dimakan tanpa harus dimasak.

   Di sekitar lokasi banyak sekali dijumpai air bersih. Bahkan, air yang mengalir di sungai-sungai kecil pun masih sangat jernih. Dengan demikian, peserta kemping tidak perlu takut kekurangan air bersih. Jika ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari atau berbelanja sayuran untuk oleh-oleh terdapat pasar yang letaknya tidak terlalu jauh. Di sekitar pasar terdapat kantor polisi,  masjid yang cukup besar, dan bahkan pasar yang terletak berseberangan dengan terminal. Di dekat lokasi kemping terdapat sebuah SMP Negeri sehingga peserta kemping dapat memanfaatkan fasilitas MCK SMP Negeri itu, tentu saja jauh hari sebelumnya harus terlebih dahulu meminta izin kepada pihak sekolah.

Dikutip dari :  BSE Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs



Selamat Belajar ...!!! :)




2 komentar:

Ari Saha said...

Tepatnya kemarin pukul satu siang..telah terjadi anak tenggelam disungai citarum ..ketika itu anak2 ini sedang asik bermain.dan tiba2 dua anak ini berenang dipingir citarum saking keasikan anak ini tidak tau didepannya maut sedang mengintai..pada saat kejadian anak ini tenggelam berdua..setelah teman2nya teriak keluar seorang pegawai meubeul keluar..dipanggil satpam ..lalu bapak ini lari..terus nyebur menyelamatkan anak ini..ketika yang satu tertarik..anak yang satunya terbawa arus..bapak penolong ini sampai sok...anak yang selamat ini sempat pingsan..dan satunya lagi baru ditemukan setelah satu jam kemudian..alamat tkp kampung mekar sari desa cikarees kecamatan bale endah..demikian berita yang saya update

Agus Budianto said...

Hmm....

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
MENULIS LAPORAN (REPORTASE)