Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

DEFINISI LAPORAN PERJALANAN DAN CONTOHNYA

Definisi Laporan Perjalanan dan Contohnya - Laporan perjalanan adalah laporan hasil perjalanan atau kunjungan ke suatu tempat. Laporan ini ditulis berdasarkan pengamatan dan observasi objek yang dikunjungi.

Isi laporan perjalanan memuat semua kegiatan dari awal keberangkatan sampai perjalanan pulang. Untuk menulis laporan perjalanan, tentu saja kita harus mengunjungi suatu tempat. Tempat yang dikunjungi tidak hanya objek wisata semata, mengunjungi keluarga di luar kota, juga bisa kita tulis menjadi sebuah laporan perjalanan.

Laporan perjalanan harus ditulis dengan bahasa yang baik dan jelas, tidak menimbulkan salah pengertian bagi pembacanya, disertai fakta-fakta pendukung, disajikan dengan lengkap dan menarik untuk dibaca.

Hal-hal yang harus terdapat dalam laporan perjalanan :
1. Tempat yang dikunjungi
2. Waktu pelaksanaan
3. Deskripsi objek yang dikunjungi
4. Kesimpulan hasil pengamatan

Ceritakanlah secara lengkap hasil kunjungan ke suatu tempat mencakup perjalanan apa yang dilakukan, siapa saja yang ikut/terlibat dalam kunjungan, di mana lokasinya, kapan perjalanan tersebut dilakukan, mengapa memilih lokasi tersebut, dan bagaimana kita meuju lokasi tersbut.

Sistmatika Laporan Perjalanan

1. Nama kegiatan
    Nama kegiatan yang dilakukan

2. Dasar Pemikiran/Latar Belakang
    Berisi latar belakang atau alasan ditulisnya laporan perjalanan

3. Tujuan perjalanan
    Apa tujuan yang ingin dicapai dari penulisan laporan yang dilakukan

4. Waktu Tempat dan Lokasi perjalanan
    Tulis secara lengkap waktu dan tempat pelaksanaan perjalanan

5. Peserta
    Siapa saja ynag mengikuti perjalanan tersebut

6. Pembiayaan
    Berisi rincian pembiayaan yang diperlukan, serta sumber perolehan dana.

7.  Hal-hal yang diamati
     Berisi hal-hal atau objek yang diamati dari sebuah lokasi

8. Pembahasan Perjalanan dan Hasil Kegiatan
    Dalam pembahasan di tulis secara lengkap objek yang diamati dari awal sampai akhir perjalanan.

9. Penutup

3. Lia
4. Lisa

A.   LATAR BELAKANG MASALAH

Guci merupakan sebuah objek pemandian air panas, yang berada di desa Guci kecamatan Bumijawa. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di kabupaten Tegal. Lokasi objek pemandian air panas Guci yang berada di lereng Gunung Slamet membuatnya memiliki pemandangan yang indah. Di kanan kiri berjajar bukit-bukit dengan pepohonan hijau yang tampak asri. Udara di objek wisata ini juga sangat sejuk.

Kami mengadakan perjalanan wisata ke objek wisata pemandian air panas guci ini karena  lokasinya yang tidak terlalu jauh dan biayanya cukup tejangkau oleh siswa-siswi Kelas VIII B di SMP Ma'arif NU 3 Jatinegara. Selain untuk menambah wawasan kami tentang objek wisata ini, laporan perjalanan ini juga kami buat sebagai salah satu tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.

B. TUJUAN LAPORAN PERJALANAN

Tujuan dari laporan perjalanan ini ialah untuk menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman, kami mengenai objek wisata Pemandian Air Panas Guci.

C. MANFAAT LAPORAN PERJALANAN

1. Untuk menambah wawasan dan juga pengetahuan.
     2. Untuk dapat memberikan pengalaman dan mengetahui lebih banyak tentang objek wisata
         Pemandian Air Panas Guci.
     3. Untuk dapat melihat keindahan yang diciptakan Tuhan YME.

D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan pada:
     Hari            : Minggu
    Tanggal        : 4 September 2015
     Jam             : 08.00  - 16.00 WIB
     Lokasi         : Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci

E. PESERTA KEGIATAN

Kegiatan in diikuti oleh empat orang peserta yang tergabung dalam kelompok Mawar Kelas VIII B SMP Ma'arif NU 3 Jatinegara, yaitu :
1. Sinta
2. Santi
3. Lia
4. Lisa

F. PEMBIAYAAN

Biaya dalam melakukan perjalanan ini sebesar Rp. 400.000, - dengan rincian sebagai berikut :
1. Transportasi                                      : Rp. 200.000,-
2. Makan dan Minum                            : Rp. 100.000,-
3. Tiket masuk                                       : Rp. 80.000,-
4. Lain-lain                                            : Rp. 20.000,-
TOTAL                                                  : Rp. 400.000,-

Sumber dana kegiatan ini berasal dari iuran siswa, masing-masing Rp. 100.000,-.

G. HAL-HAL YANG DIAMATI

Hal-ha yang diamati dari kegiatan ini adalah :
1. Lokasi Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci
2. Keunikan Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci.
4. Pengunjung Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci.

H. PERJALANAN DAN HASIL KEGIATAN

Tepat pada pukul 08.00  WIB kami berkumpul di Halaman Sekolah. Sebelum kami berangkat, kami melakukan diskusi, pembagian tugas dan tidak lupa berdoa sebelum berangkatan. kemudian setelah selesai berdiskusi kami langsung menuju objek  Pemandian Air Panas Guci. Kami menggunakan mobil open cup yang telah kami sewa.

Di sepanjang perjalanan kami berdiskusi sambil bercanda tentang apa yang akan kami kerjakan ketika sampai di lokasi. Rute perjalanan yang kami tempuh adalah dari Jatinegara ke timur melewati kecamatan Warungpring, terus ke arah selatan melewati Jl. Raya Moga - Bumijawa.

Tepat pukul 09.00 WIB kami tiba di lokasi. Tanpa beristirahat, kami langsung berjalan menuju Pancuran tujuh, yaitu tempat pemandian terbuka berada di bawah lokasi parkir. Di sebelah kanan tempat pemandian ini terdapat air terjun dengan air dingin yang cukup indah.

Karena hari minggu, banyak sekali pengunjung yang berlibur ke objek wisata ini, sehingga kamipun tidak jadi mandi di pancuran tujuh. Akhirnya kami memutuskan untuk berjalan-jalan di sekitar lokasi tersebut. Kami naik ke bukit yang bertuliskan TAMAN WISATA AIR PANAS GUCI. Tuisan ini kelihatan megah dari bawah.

Selain pemandangan alam dan pemandian air panasnya, fasilitas yang ada di kawasan Pemandian Air Panas Guci ini tergolong cukup lengkap, seperti penginapan, hotel kelas melati, villa, losmen hingga hotel berbintang. Tentunya fasilitas yang diberikan di setiap penginapan tadi berbeda-beda, tergantung dari pilihan dan harga yang anda inginkan. Di obyek wisata ini ada juga wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang dengan air panas, lapangan sepak bola dan juga tempat perkemahan pelajar. Ada hal yang menarik lainnya di obyek wisata ini, yaitu terdapat wisata baru pemandian air panas Guciku Hot Waterboom, yang merupakan wahana permainan air lengkap meliputi kolam renang, kolam badan Guci, kolam rendam, arus jeram. Di Guciku Hot Waterboom juga disediakan fasilitas ruang bilas/ ganti, restoran, penginapan, dan pertokoan yang menyajikan souvenir dan pernak pernik yang bisa anda jadikan oleh-oleh.

Setelah puas berjalan-jalan kamipun memutuskan untuk pulang. Pukul 15.30 WIB kami bersiap menaiki kendaraaan tumpangan kami dan membeli beberapa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

I. PENUTUP

A. Kesimpulan

Perjalanan kami ini cukup melelahkan tapi juga mengasikan, namun dibalik dari perjalanan tersbut kami mendapat pengalaman yang tidak akan pernah kami lupakan . Dari penulisan laporan ini, penulis bisa menyimpulkan bahwa Guci merupaka salah satu objek wisata yang layak untuk dikunjungi dan wajib kita lestarikan guna memajukan potensi wisata yang ada di Kabupaten Tegal.

B. Saran

Dengan segala kekurangan/keterbatasan yang ada, penyusun menyadari bahwa laporan perjalanan ini masih sangatlah jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu,kritik serta saran yang membangun akan sangat kami harapkan.

-----

Demikian pembahasan tentang Definisi Laporan Perjalanan dan Contohnya semoga bermanfaat.