Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

PREDIKSI SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2016

PREDIKSI SOAL UN BAHASA INDONESIA  SMP TAHUN 2016

1.      Cermatilah    teks  berikut.
Dalam rangka memperingati   Hari Bumi Sedurua, sederet   film  asing  mengenai   lingkungan   hidup diputar.   Film-film    tersebut   mengupas   berbagai kasus dan kondisi  burm saat  ini  serta orang orang pelestari  bumi yang penuh inspirasi.  Sebagian besar film tersebut   menceritakan  sosok  yang mengabdi secara   total  kepada  alam.  Mereka  gigih  merawat kondisi  bumi  di  lingkungan  masing-masing.


Ide  pokok   teks  ulasan  tersebut  adalah   ...
     A.    Pemutaran   film dalam  rangka   memperingati Hari  Bumi. 
     B.     Film     yang    mengupas   proses    pelestarian lingkungan.
     C.     Film   yang  menceritakan   pengabdian    seorang pelestari    bumi
     D.    Cara   melestarikan lingkungan   yang  baik

2.      Simpulan   isi   teks  ulasan   tersebut  adalah   ...
     A.    Film-film     asing  yang   diputar    dalam    rangka memperingati   Hari   Bumi  Sedunia.
     B.     Sederet film  asing berbicara tentang lingkungan hidup.
     C.     Film-film   dalam  peringatan  Hari Bumi   Sedunia mengupas    Kondisi  dan pelestari   bumi.
     D.    Para percinta   bumi gigih  merawat   lingkungan masing-masing.

Cermatilah   kutipan   biografi     berikut   dengan saksama   untuk  mengerjakan   soal nomor  3-5.

N. H. Dini, lahir  29  Februari 1936 di   Semarang. Berpendidikan  SMA  bagian  Sastra   (1956),  Kursus Pramugari Darat GIA Jakarta (1956), dan  Kursus B-1 Jurusan  Sejarah (1957). Tahun 1957-1960   bekerja di  GIA Kemayoran  Jakarta. Setelah rnenikah,  berturut-turut bermukim di Jepang, Kamboja,  Filipina, Prancis. Amerika Serikat, dan sejak 1980  menetap  kembali di Indonesia (Jakarta-Semarang).

N. H. Dini  mulai  menulis  tahun  1951, kemudian   sajaknya dibacakan    di RRI dan    dimuat   di Majalah  Budaya  dan Gadjah Mada,  keduanya   di  Yogyakarta.   Tahun 1953, cerpennya   dirnuat   di  Majalah  Kisah,  Mimbar Indonesia, dan  Siasat.  Tahun-tahun selanjutnya, cerpennya pun dimuat   dalam berbagai   media.

Tahun  l 955, N. H.  Dini memenangkan   hadiah  pertama penulisan   skenario   sandiwara  radio se-Jawa  Tengah. Tahun   1987, Dini memenangkan   hadiah pertama  (untuk  peserta lndonesia)  lomba   mengarang    cerita  dalam bahasa   Prancis  yang  diselenggarakan   Le Monde dan Radio  Franve  internasionale.
(Sumber:  http://dokumen.tips/documents/
Resensi-xii-ipa-1-2010.html)

3.      Ringkasan    isi  teks biografi   tersebut   adalah    ...
  1. N. H. Dini lahir  di Semarang. Setelah menikah tinggal du  beberapa negara. Dia mulai   menulis tahun 1951 dan mendapatkan berbagai penghargaan atas karyanya  sebagai  juara pertama.
  2. N. H. Dini lahir di Semarang. Setelah lulus kuliah, dia menikah sampai  akhimya  tinggal   di Semarang. Setelah  mulai   menulis   tahun  1951 dia   mendapatkan  penghargaan.
  3. Setelah  lulus kuliah N. H.  Dini menikah lalu tinggal di luar  negeri.  Dia mulai   menulis tahun   1951 dan mnemenangkan beberapa penghargaan atas  karyanya seperti juara pertama lomba  skenario sandiwara radio dan Lomba  Mengarang Cerita  dalam  bahasa Prancis.
  4. N. H. Dini yang lahir di Semarang menjadi pramugari  dan tinggal  di beberapa   negara setelah menikah sebelum menetap di Semarang.  Dia   mulai  menulis    tahun  1951 dan mendapatkan   berbagai penghargaan  atas karyanya.

4.      Arti kata   skenario  dalam   teks  biografi   tersebut adalah  ....
  1. teks   dialog  drama  yang  dibacakan   saat bermain  di  panggung
  2. tulisan   berisi rencana   lakon sandiwara    atau film berupa  dialog
  3. teks cerita  drama atau   film  yang diikutkan lomba
  4. tulisan  cerita drama atau  film  yang  digunakan saat  syuting

5.      Paragraf pertama teks biografi  tersebut  merupakan bagian ….
  1. orientasi
  2. peristiwa
  3. masalah
  4. reorrentasi

6.      Cermatilah  kalimat-kalimat berikut….
1)      Kelomopok Kami memutuskan  untuk mengamati green house sekolah,
2)      Tanaman-tanaman tersebut, antara lain sirih merah, serai, kemangi, jambu  biji, dan susak.
3)      Pagi tadi, kami ditugaskan oleh guru bahasa Indonesia  untuk melakukan  pengamatan  di lingkungan  sekolah.
4)      Sungguh pembelajaran  yang menyenangkan hari  itu.
5)      Hasil idenrifikasi   tersebut  kami  presentasikan di  depan kelompok lain
6)      Di green house,  kami mengidentifikasi  sejumlah tanaman  yang  bisa  dijadikan   obat

Urutan   kalimat  tersebut agar menjadi teks laporan yang tepat  adalah ....
  1. (1) - (2) - (5) - (6) -  (3) - (4)
  2. (1) - (3) - (6) - ( 4) - (2) - (5)
  3. (3) - (1) - (2) - (4) - (6) - (5)
  4. (3) - (1) - (6) - (1) - (5) - (4)

7.      Cermatilah   kutipan  ulasan berikut.
Oleh karena itu, film Laskar Pelangi  layak disebut sebagai  salah satu  film terbaik Indonesia sepanjang masa. Meskipun film ini diproduksi pada tahun 2008, Laskar Pelangi masih  layak  untuk ditonton kapan pun  secara berulang-ulang.  Film ini juga  dapat ditonton oleh  semua umur karena tidak ada satu pun   adegan kekeresan  atau sensual. Diharapkan di  waktu  mendatang semakin  banyak produser film  lndonesia  yang termotivasi  untuk  membuat film  dengan   kualitas  yang sama, bahkan  melebihi film Laskar  Pelangi.
                      (sumber: kelasindonesia.com)

Kutipan  ulasan film tersebut  merupakan  bagian ....
A.  orientasi                     C.  evaluasi
B.  tafsiran                       D.  rangkuman

8.      Cermatilah teks   eksposisi    berikut.
Olahraga sepeda gunung  membutuhkan kemampuan  fisik dan mental karena adanya tantangan  alam. Olahraga  ini juga  memiliki aspek  rekreasi.  Karena  lokasinya  berada  di daerah  pegunungan berbatu  dengan  pemandangan   alam yang eksotis  di ketinggian. Anda  bisa menikmati suasana yang tenang.
Bersepeda  di  lereng-lereng   gunung juga  bisa dilakukan   bersama beberapa  orang. Ketika berhenti di ketinggian tebing  gunung, Anda dapat berteriak keras, seolah-olah  terlepas  dari   semua  masalah. Anda pun akan merasa  excited  dan  stres   yang membebani pikiran  akan hilang. Bahkan sesekali Anda bisa menaklukkan liku-liku  jalan  berbatu pegunungan,  pasti  akan  ketagihan.
Seperti  olahraga lain,  sepeda   gunung bagus dari segi kesehatan. Bersepeda  di  gunung   dapat meningkatkan   kemampuan   atau  kapasitas   jantung dan paru-paru, kekuatan  dan  daya tahan  otot.  Tubuh pun terasa  lebih   bugar.

Ringkasan  yang  tepat  sesuai dengan   isi teks tersebut adalah    ...
    A.    Sepeda  gunung tidak hanya untuk berolahraga, tetapi juga berwisata karena dapat menikmati pemandangan   yang eksotis di ketinggian.
    B.     Kegiatan  sepeda   gunung   membutuhkan kemampuan  fisik  dan mental. Selain untuk berekreasi,   sepeda  gunung juga bagus untuk kesehatan   dan  membuat  tubuh menjadi lebih bugar.
    C.     Bersepeda di  gunung  dapat  meningkatkan kemampuan  dan  kekuatan anggota tubuh Selain itu  olah  raga sepeda  gunung  juga tergolong   kegiatan  yang murah.
     D.    Wisata  sepeda  gunung  mulai   dikenal di Indonesia pada  dekade '90-an.


9.      Cermatilah petunjuk  pembuatan  cincau  lidah buaya berikut,
1)      Siapkan irisan daging daun lidah buaya yang telah dcuci bersih secukupnya.
2)      Masukkan  irisan daging daun lidah buaya dalam santan
3)      Siapkan  air  santan kelapa diberi gula aren secukupnya dalam panci
4)      Tuanglah hasil rebusan dalam  mangkuk  atau gelas.
5)      Rebuslah   daging   lidah buaya dan santan tersebut sampai  mendidih.
6)      Cincau daging daun lidah buaya siap disajikan

Urutan   petunjuk  pembuatan  cincau lidah buaya agar menjadi teks prosedur  yang tepat   adalah ….
  1. (1) - (2) - (3) - (4) - (5) - (6)
  2. (1) - (3) - (2) - (4) - (5) - (6)
  3. (1) - (3) - (2) - (5) - (4) - (6)
  4. (1) - (3) - (2) - (6) - (4) - (5)

10.  Cermatilah  teks  eksopsisi  berikut,
Pada musim  penghujan,  kita selalu disuguhi berita tentang  banjir  di mana-mana. Banjir melanda di berbagai pulau  di lndonesia. tidak  hanya di Pulaui Jawa, tetapi di luar Jawa juga air turut meluap, Di samping karena faktor slam, faktor manusia juga sangat  berperan   sebagai  penyebab   terjadinya banjir.  Alam  rusak  kerena  adanya   penebangan hutan secara  liar.

Kalimat    yang tepat  untuk  melengkapi     bagian rumpang   pada teks tersebut  adalah  ...
  1. Kira  harus  segera  menanggulangi banjir.
  2. Alam  jadi tidak  memiliki  resapan   air  lagi
  3. Tanggung   jawab siapakah  alam   yang   rusak itu?
  4. Alam kita sudah direboisasi  dengan  tanaman.

11.  Cermatilah  teks laporan  observasi  berikut
Selokan  di Perumahan   Cendana   terpelihara dengan baik dan tidak  mampat/tersumbat. Tempat pembuangan   sampah pun sudah ada di depan rumah setiap warga. Tempat pembuangan sampah tersebut berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga terawat sehingga tidak menimbulkan  bau tidak sedap   Petugas  kebersihan   mengambil  sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Cendana  melakukan   kerja bakti  membersihkan selokan doa  rumput-rumput liar di sekitar perumahan.
Sumber : http://brainly.co.id/tugas/370682)

Informasi yang tersurat dalam teks tersebut adalah
  1. Lingkunganl di Perumahan Cendana  terpelihara dengan   baik
  2. Petugas   kebersihan    rajin mengambili  sampah di depan  rumah  warga.
  3. Di  depan  rumah  setiap  warga, terdapat tong atau   drum  sampah    yang   terawat.
  4. Warga Perumahan  Cendana  suka  bergotong-royong   membersrhkan   lingkungan

12.  Cermatilah   teks eksposisi  berikut.
Tanah longsor   selama   ini   terjadi   karena   dua hal pertama   karena  alam  atau lingkungan dan kedua  karena  manusia. Kebiasaan manusia  yang menjadi  penyebab utama   teriadinya  tanah longsor adalah kerusakan  alam, yaitu tidak  melestarikan penghijauan lingkungan, terutama di  [ ...  ] perbukitan  atau pegunungan.

Kata yang tepat  untuk melengkapi  teks rumpang tersebut  adalah    ....
  1. Lokasi                         C. Tempat
  2. Kawasan                     D. Tanah

13.  Cermatilah  teks berikut.
Para Bapak-bapak   dan lbu-lbu sekalian. perpustakaan merupakan   salah  satu sumber belajar. Melalui  buku-buku koleksi di perpustakaan,  pengunjung  dapar memperoleh   ilmu pengetahuan dan  mempelajari berbagai  hal.

Perbaikan    kalimat    pertama  dalam  reks   tersebut adalah   .       .
  1. Para Bapak dan lbu,  perpustakaan  merupakan salah satu   sumber  belajar.
  2. Para  Bapak-bapak    dan lbu-ibu, perpustakaan merupakan salah  saru  sumber belajar.
  3. Bapak-bapak   dan lbu-ibu sekalian, perpustakaan adalah  salah  saru  sumber belajar.
  4. Para  hadirin,  perpustakaan merupakan salah satu  sumber  belajar.

14.  Cermatilah   teks  laporan berikut.
Pada  sabtu  dini hari bupati  pandeglang, endang sukayana   mendatangi     lokasi  bencana bersama kapolres   AKBP  fahmi   idris  dan  kepala    badan penanggulangan bencana daereh Pandeglang.

Perbaikan  tanda   baca  yang tepat dalam paragr af tersebut  adalah ...
  1. Pada   Sabtu  dini   hari  bupati   Pandeglang, Endang Sukayana, mendatangi   lokasi bencana bersama Karpolres AKBP Fahmi Idris dan Kepala Badan    Penanggulangan          Bencana     Daerah Pandeglang.
  2. pada Sabtu   dini  hari  Bupati Pandeglang, Endang  Sukayana.  mendatangi   lokasi bencana bersama  kapolres  AKBP Fahmi   Idris   dan   kepala Badan   Penanggulangan        Bencana     Daerah Pandeglang.
  3. Pada Sabtu dini   hari,    Bupati   Pandeglang, Endang Sukayana.  mendatangi   lokasi bencana bersama Kapolres  AKBP Fahmi  ldris  dan  Kepala Badan     Penanggulangan    Bencana     Daerah Pandeglang.
  4. Pada     Sabtu    dini  hari     Bupati      Pandeglang, Endang   Sukayana, mendatangi  lokasi  bencana bersema Kapolres AKBP Fahmi   ldris,  dan  Kepala Badan    Penanggulangan       Bencana    daerah Pandeglang.

15.  Cermatliah  teks  laporan   berikut.
Ketua OSIS  mengkoordinir pelaksanaan    lomba-lomba 17-an  di sekolah. Kegiatan tersebut berlangsung dari jam  07.00  s.d. jam 14.00.  Dalam  kegiatan  itu, diadakan pula   peragaan   busana pahlawan oleh para siswa. Para “peragawan dan peragawati” tampil cukup mempesona.

Perbaikan   kata bercetak  miring dalam teks tersebut adalah   ...
  1. mengkoordinatif,   pukul   memesona
  2. mengoordinasi,   pukul,   memesona
  3. mengkoordinasi,   pukul,    mempesona
  4. mengkordinatif,    pukul,   terpesona

16.  Cermatilah  kutipan  teks tanggapan   kritis berikut.
Sudah  sebulan kabut asap akibat kebakaran atau pembakaran lahan hutan  dan  lahan perkebunan melanda Provinsi Riau  dan Jambi. Berita di media pemah melaporkan   80% udara Sumatera  diselimuti kabut  asap,  penyakit  ISPA  menjadi  langganan masyarakat    Riau  dan Jambi, serta beberapa   lokasi di luar provinsi  itu terkena  dampak  asap kebakaran atau pembakaran lahan, seperti di gunung Sitoli, Pulau  Nias.

Penerbangan  dari dan ke Pekanbaru.  Jambi, Kuala Namu, bahkan  Palembang  terganggu.   Banyak penerbangan   dibatalkan.   Demikian  pula  di Kabupaten  Mandailing   Natal dan Tapanuli  Selatan, kabut asap juga melanda bagian barat Provinsi Sumatera Utara tersebut.
Penumpang pesawat terbang  rute  Padang Sidempuan dan Sibolga menuju Kuala Namu  terpaksa berpindah ke moda angkutan darat yang ditempuh dalam waktu 12 jam menuju pantai timur Sumatera  Utara.

Jarak  pandang hanya 50 meter dan udara bersih yang dihirup tinggal 5%. Penduduk   Riau terancam kesehatan  paru-parunya pada waktu yang akan datang.  Kekhawatiran warga  Riau dan Jambi akhimya naik level menjadi kemarahan karena tak pemah tuntasnya pemberantasan  kebakaran atau pembakaran  lahan perkebunan  dan hutan di kedua provinsi tersebut.

(Sumber: http://www.kompasiana.com/hendisetiawan/sos-kabut-asap-di-jambi-dan-riau_55ee73f7l3b6175088c263)

lsi  yang ingin  disampaikan penulis  dalam teks tersebut    adalah   ....

  1. dampak  negatif yang disebabkan  oleh kabut asap di Provinsi  Riau dan Jambi
  2. pesawat  yang sulit mendarat   karena  kabut asap
  3. penduduk Riau,  Jambi, dan sekitamya  yang menderita    akibat kabut  asap
  4. penyakit   yang mengancam penduduk akibat kabut   asap

Cermatilah kutipan teks fabel berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor   17-20.
Pada suatu pagi, anjing itu, bangun dari  tidumya. kemudian dia  berjalan   mengitari  perkebunan  jagung sambil mengendus-ngendus bau hewan lain dengan hidungnya. Penciuman anjing itu  sangat  tajam, bahkan anjing   itu  mampu mencium bau kelinci   dari jarak yang sangat  jauh.
Ketika  anjing itu berjalan,  ia  mencium   bau  kelinci  dari kejauhan  dan mengikuti arah bau  itu  Sampai  akhirnya, dia melihat  seeker kelinci  sedang  asik memakan  pucuk jagung  yang masih  muda. Anjing itu berjalan perlahan mendekati  kelinci tersebut.  Ketika dia sudah sangat dekat dengan kelinci itu, sang  anjing langsung mengejarnya dengan sangat cepat. Namun, sang  kelinci mendengar langkah anjing itu karena  kelinci memiliki telinga yang panjang  dan sangat peka terhadap suara.  Kelinci itu menghindari sang anjing dengan cepat. Dia melompat dengan sangat cepat dan lompatan kelinci itu sangat jauh.
Sang anjing terus  mengejarnya  meskipun kelinci   itu semakin  menjauh  dari jarak sang anjing.  Namun, sang anjing tidak  menyerah  begitu   saja. Anjing  itu  memiliki kemampuan berlari  tanpa henti sehingga dia mampu mengejar sang kelinci  tanpa  kelelahan. Meskipun demikian,   sang  kelinci  yang sangat  cepat  melompat menghindari  kejaran anjing  itu  membuat  anjing  itu kehilangan jejaknya.  Anjing  itu  mulai mengendus-ngendus bau sang kelinci dan tidak lama kemudian  dia menemukan kelinci itu. Kini, dia mengejarnya  lebih cepat dari sebelumnya,  tetapi sang kelinci itu tidak dapat dia kejar.  Hingga akhirnya anjing itu  menyerah  dan tidak melakukan pengejaran  terhadap kelinci itu  lagi.
Ternyata, kejadian  itu  ditonton   oleh seekor  burung gagak yang  sedang bertengger di  sebuah pohon  yang daunnya  sedang  gugur.  Ketika anjing itu melewati pohon tersebut, sang gagak   bertanya kepadanya ''Ternyata kelinci itu lebih kencang dibandingkan  dengan dirimu" kemudian sang  anjing  berkata dengan tenang,  "Apa kau tidak  melihat  perbedaan  yang begitu mencolok  antara aku   dengan   kelinci   itu?''  Sang  gagak  menjawab "Aku tidak melihat perbedaan  itu. Memang, apa perbedaan yang kau maksudkan  itu?" Sang  anjing  menjawab, "Aku berlari untuk  menangkap  makanan,  sedangkan dia berlari mempertahankan hidupnya,  sebuah keinginan akan menentukan kerasnya sebuah usaha"
(Sumber : http//deongengceritarakyat.com/kumpulan-cerita-hewan-
fabel-pendek-terbaru /, dengan sedikit perubahan)

17.  Sebab  konflik dalam   cerita tersebut adalah ...
  1. Anjing yang ingin  memburu   kelinci.
  2. Kelinci    yang suka   memakan    pucuk jagung yang masih   muda.
  3. Pak tani   yang   marah   kepada   kelinci.
  4. Pertanyaan   burung gagak kepada anjing.

18.  Makna tersurat dalam   teks fabel  tersebut adalah ….
  1. Nasihat   burung   gagak yang   bijak.
  2. Anjing  yang  pantang    menyerah    mengejar kelinci    sebagai  buruannya.
  3. Kegigihan   anjing   mengejar kelinci  karena   ulah kelinci   yang    suka   memakan    pucuk jagung yang   masih   muda.
  4. Kelinci  yang suka   memakan   pucuk  jagung yang   masih   muda.

19.  Pesan    tersirat   dalam    kutipan   teks  fabel  tersebut adalah  ...
  1. Orang    yang    pantang    menyerah    pasti   akan berhasil.
  2. Berpikirlah     sebelum  melakukan   perbuatan yang merugikan orang lain.
  3. Nasihatilah   teman yang berbuat   curang atau tidak baik.
  4. Jika kita   memiliki    keinginan  dan semangat yang kuat   untuk  mewujudkan apa yang kita inginkan,  cepat  atau lambat  keinginan  itu pasti akan terwujud.

20.  Arti kata mengitari  dalam  teks fabel tersebut adalah …
  1. mengelilingi
  2. memutar  balik
  3. berhadap-hadapan
  4. menuju  ke arah

21.  Kalimat   yang tepat sebagai  bagian  definisi umum teks laporan   hasil  observasi    adalah   ...
  1. Kucing persia  memiIiki  ciri tubuh  Iebih  besar  dan bulu  yang  lebih lebat serta  indah.  Oleh sebab itu,   kucing   jenis   ini  jauh  lebih mahal daripada  kucing  lokal.
  2. Biota   laut  adalah   seluruh   makhluk   hidup yang berkembang    biak di laut.  Biota  laut   itu antara lain    terumbu    karang,    ikan,   dan tumbuhan laut   yang menjadi   ekosistem     laut.
  3. Air hujan  yang terserap oleh cahaya matahari berubah  menjadi mendung. Udara dingin akan membentuk    kristal-kristal   air yang memberat dan akhimya   jatuh   menjadi huian.
  4. Banyak  pengelola    kantin   sekolah  yang kurang memperhatikan  kesehatan makanan     yang dijual. Oleh sebab   itu,  pendampingan oleh Dinas   Kesehatan  menjadi   penting.
22.  Kalimat  yang merupakan  karakteristik  teks eksposisi adalah ...
  1. SMP   Karya   Mulia  mengadakan  program pemberantasan  narkoba.
  2. Nutrisi   tersebut   antara  lain  protein,  lemak, serat, zat besi, dan vitamin  E.
  3. Pemanfaatan jarak sebagai sumber  energi  altematif  bukanlah  hal baru.
  4. Indonesia berpotensi mengembangkan bahan bakar altematif karena  kekayaan  alamnya.

23.  Cermatilah  kalimat-kalimat  berikut.
1)      Wayang jemblung   biasanya  dipentaskan  dalam acara  hajat  keluarga,  seperti   pesta perkawinan, khitan,  atau acara tradisi,   seperti  sedekah bumi. dan  lain-lain.
2)      Wayang  jemblung    dulu    banyak dijumpai  di wilayah   Kedu,  Jawa  Tengah.
3)      Wayang jemblung,  baik ceritanya  maupun  anak wayangnya  mirip dengan   wayang kulit, tetapi semua iringan gamelan tidak dari peralatan karawitan yang ditabuh.               
4)      Bebunyian iringan gamelan semua  berasal dari mulut sang dalang.

Urutan  yang  tepat  dari teks  laporan obsevasi tersebut adalah ....
  1. (1),  (2), (3), (4)
  2. (1),  (3), (2), (4)
  3. (2),  (1), (3), (4)
  4. (2),  (3),  (1), (4)

Cermatilah kutipan teks berikut dengan saksama untuk mengerjakan  soal nomor 24-25.

Namun,  bagi  saya facebook lebih banyak merugikan. Bagaimana  tidak? Sebagai seorang  pelajar, yang tentu  mempunyai   kewajiban   belajar,  facebook sangat mengganggu  terhadap pelajaran  saya, baik dari segi  waktu maupun  konsentrasi   untuk  belajar.
Hampir  setiap hari orang-orang membuka facebook hanya  sekadar untuk update status,   chating,  dan banyak lagi.  Itu hanya  mernbuang  buang  waktu, padahal masih banyak  yang   lebih  penting  yang  harus  dikerjakan.
(Sumber : http://www.kompasiana.com/sri92/maraknya-facebook-dikalangan-pelajar_5f75fafa3331184358b46b4, dengan sedikit perubahan)

24.  Kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian ….
  1. pemyataan   pendapat
  2. tesis
  3. argumentasi
  4. penegasan kembali

25.  Kalimat  yang tepat  untuk  melengkapi    teks eksposisi tersebut   adalah    ...
  1. Namun,   keberadaan    facebook   saat  ini  seakan mampu  menyihir para penggunanya.
  2. Para  orang tua harus  mengontrol   pemakaian intemet   anak-anaknya.
  3. Banyak para pelajar    yang tidak  menyadari pengaruh  negatif facebook.
  4. Hendaknya    para  pelajar   mengendalikan     diri dalam menggunakan facebook.

26.  Cermatilah    kutipan  cerpen berikut.
Orang tua itu mendengar apa yang dibicarakan anak dan menantunya. Dia melihat ke depan, ke arah yang dikatakan anak dan menantunya Tampak  olehnya patung polisi di bawah guyuran hujan lebat  dalam   posisi memberi   hormat  kepada mereka.   Mobil   pun berjalan   karena  lampu   telah hijau.   Dari  jendela   orang tua itu  melihat   ke   luar. Dia   perhatikan Patung   polisi   itu   dalam guyuran hujan. Dia iba melihat polisi   patung   itu.   Dia tiba- tiba  tersentak.
"Ya Allah.   Polisi   itu … menjadi batu  .... "

(Hamsad Rangkuti Si Lugu  dan Si Malin  Kundang) 

PREDIKSI SOAL UN BAHASA INDONESIA  SMP TAHUN 2016

Kutipan tersebut  merupakan  bagian  dari struktur cerpen, yaitu ....
A.    abstrak
B.     Resolusi
C.     Evaluasi
D.    Koda

27.  Cermatilah teks berikut.
Setelah membaca lembaran sebuah erpen akan dibagikan  oleh guru, kalian diminta  menceritakannya kembali  secara lisan dengan  menggunakan kalimat/kata-kata kalian sendiri.  Bagaimana caranya. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Cermatilah   cerpen tersebut    secara  sakama
  2. Mencatat   unsur  intrinsik  cerpen tersebut  (tema latar, alur, penokohan, sudut  pandang       dan amanat)
  3. Menentukan ide-ide pokok (topik-topik) cerpen sesuai dengan alur dalam cerpen.
  4. Mengembangkan kembali ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.

Teks  tersebut termasuk jenis teks ....
  1. prosedur                                  C.      eksposisi
  2. ulasan                                      D.      laporan

28.  Cermatilah kutipan berikut.
Ketika itu Yayuk Basuki akhimya  mundur  dari Pelatnas. Dia tetap tercatat sebagai bagian dari sejarah petenis lapangan   putri   Indonesia.  Dia  berasal dari  klub di Jakarta. Yayuk  dinilai sebagai  anak yang cukup penurut  oleh orang tuanya.

Paragraf tersebut merupakan   bagian struktur teks biografi yang disebut ....
A.    orientasi
B.     peristiwa dan  masalah
C.     reorientasi
D.    koda

29.  Cermatilah kutipan berikut.
Suatu ketika, terdapatlah tiga ikan yang hidup  di  sebuah kolam. Di suatu sore, beberapa nelayan melewati kolam tersebut dan melihat ikan ikan itu, "Kolam ini penuh dengan ikan" mereka berbicara satu sama lain dengan  bergairah, ''Kita belum pemah memancing  di sini sebelumnya  Kita harus datang lagi besok pagi dengan jaring klta dan menangkap  ikan ikan lni!" Kemudian  nelayan nelayan tersebut pergi.

Kuti pan tersebut merupakan  bagian dari teks fabel, yaitu ....
A.     orientasi
B.     komplikasi
C.     resolusi
D.     koda

Cermatilah  kutipan teks  laporan  berikut  untuk mengerjakan   soal  nomor  30-31.

Puluhan  ribu   para transmigran    yang   tinggal di berbagai wilayah di Kalimantan  Selatan berbeda-beda nasibnya.  Ada yang  sukses, tetapi  tidak sedikit  yang gagal.  Di antara  mereka  yang gagal,  ada yang tetap bersabar  sambil berusaha  lebih  keras memperbaiki kehidupan   mereka. Bagi  yang   tidak  mau  bersabar, banyak yang kembali ke  Jawa walaupun mereka tidak memiliki apa-apa   lagi  di daerah  asalnya.

30.  Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat  pertama teks  laporan  tersebut  adalah  ....
  1. kata "berbeda-beda"  seharusnya   ditulis "berbeda"
  2. kata “para” yang mubazir
  3. kata “puluhan ribu” seharusnya dihilangkan
  4. kata “tetapi”  seharusnya diganti  “namun”

31.  Kesalahan ejaan pada kalimat terakhir teks laporan tersebut   adalah   ....
A.    kata "kembali”  seharusnya diganti “pulang”
B.     kata "walaupun"  seharusnya diganti  "meskipun"
C.     kata "kembali" seharusnya diganti ''dikembalikan"
D.    kata "asalnya" seharusnya diganti "asal mereka"

32.  Cermatilah   kutlpan Fabel  berikut.
Sang  katak mengajak   sang   rubah  untuk   kembali berlomba. "Aku  mengaku  kalah darimu tuan rubah, tetapi  apakah   kau memiliki   keberanian    untuk lomba mencapai  tempat  yang telah ditentukan  lagi bersamaku?" tanya sang   katak  kepadanya.   "Haha apa kau tidak sadar  ketika  kau  mengajakku  lomba adu lari,   kau   pasti akan  aku  kalahkan   lagi?" sang rubah  menjawab, “sudah  tidak usah banyak bicara, sekarang  aku yang  menentukan  peraturannya. Sekarang,  kita akan menuju sebuah  pohon yang besar. Coba  kau tengok   ke tepian danau seberang sana. Siapa yang mencapai  pohon   itu terlebih dahulu, dialah  pemenangnya. Kita boleh menggunakan cara apa  pun   untuk sampai ke sana" kata sang katak. “Baiklah  ayo kita mulai.”
Sang  burung   hantu    yang  menjadi   wasit  di perlombaan  pertama,  kini  menjadi wasit kembali, Ketika  dia  memberi  isyarat  lomba  telah  dimulai, sang rubah  berlari  dengan  sangat   cepat,  tetapi sang kodok  melompat  ke dalam   danau dan terus berenang  ketepian.   sang  rubah   kaget  melihat hal itu. Sang rubah berlari  lebih  cepat lagi,  tetapi dia  harus mengitari  danau  yang cukup  luas  itu, Akhimya,  kataklah yang memenang'   pertombaan
karena kecerdikannya.
(Sumber : dongengceritarakyat.com)
Simpulan   pesan tersirat    dalam kutipan  fabel tersebut adalah ...
  1.  Jika bisa menggunakan     kekuatan  dengan tepat pasti  kita  akan  berhasil.
  2. Gunakanlah kecerdikan    untuk  memenangi persaingan.
  3. Waspadalah    sebelum    menentukan  sebuah keputusan.
  4. Dalam  pertandingan,  kita  harus  melihat kelebihan dan kekurangan   lawan.

Cermatilah kutipan ulasan buku berikut  untuk mengerjakan soal  nomor  33-34.

Rindu  adalah    persembahan     Tere   Liye di tahun 2014 yang betul-betul   dlrindukan.   Rindu   merupakan buku ke-20 karya pengarang  produktif  tersebut.  Semua  karya-karyanya memiliki   ciri  khas  dan  cita  rasa   yang  berbeda. Saya tidak habis  pikir, lagi-lagi Tere Liye menyuguhkan tema  yang  tidak   biasa.   Menurut saya,  ide  penulisan novel Rindu belum  pernah   ada   di  dunia perbukuan Indonesia.  Sederhana,    tidak  muluk-muluk,    tetapi segar.
Novel ini bercerita tentang   perialanan    panjang   jamaah haji lndoniesia  tahun  1938.  Tentang    kapa  uap  Blitar Holland,   sejarah Nusantara dan tentang   pertanyaan - pertanyaan   seputar masa  lalu,  kebencian,    takdir,   cinta dan kemunafikan.

Novel ini ditulis  dengan alur maju sehingga  memudahkan pembaca  untuk   mengikuti   jalan   cerita. Namun,    di beberapa   bagian,  penulis  menyuguhkan   cerita-cerita lain dalam  bentuk   dialog, yang berkorelasi pada  kisah yang tengah  disajikan. Hal  tersebut  rnembuat  pembaca  mengenal secara racikan cerita  di novel ini  sehingga setting  novel  yang didominasi  aktivitas  penumpang di kapal Holland tidak terasa  membosankan.

Gaya kepenulisan   novel  Rindu terbilang   sederhana dan membumi. Disisipi dialog bahasa  Belanda,  yang meski tidak disertakan   artinya,  pembaca   terbantu   rnernahami maksud  kalimat  dengan deskripsi  yang  ditulis  Tere Liye.

33.  Kutipan  teks bagian ulasan buku tersebut  merupakan ....
A.    orientasi                       C.  evaluasi
B.     tafsiran                        D.  rangkuman

34.  Makna  kata berkorelasi dalam kutipan teks ulasan tersebut adalah ....
  1. sering berhubungan secara timbal balik
  2. bersama-sama
  3. saling melengkapi
  4. cerkaitan dengan hal-hal nyata

35.  Bagian rangkuman dalam teks ulasan buku pada umumnya berisi tentang ....
A.    data buku
B.     Latar belakang penulisan
C.     kelebihan dan kelemahan buku
D.    panduan untuk para pembaca

36.  Penggunaan kata bentukan    bercetak   miring  yang tepat dalam kalimat berikut adalah ...
  1. Dia  rnenyadari  bahwa dirinya kini telah berpetualang.
  2. Anak itu  jatuh    telentang  di jalan yang licin.
  3. Pemain  itu  diperingati oleh  wasit karena berrnain kasar.
  4. Kulihat adik tidur terlungkup di kasur.

37.  Penggunaan   istilah   bercetak   miring  yang tepat dalam kalimat berikut adalah ...
  1. Para dokter  berhasil  rnelakukan transplantasi jantung.
  2. Para  petani rnelakukan panen raya pada musim paceklik ini.
  3. Saat ini  sedang digalakkan  gerakan  petani menabung uang di lumbung  desa.
  4. Sebagai pustakawan dia harus pandai melayani pengunjung.

38.  Cermatilah  kutipan  teks  eksposisi berikut.
Masyarakat Indonesia pada umumnya, menganggap nilai-nilai dan kebudayaan barat adalah sesuatu yang bersifat modern dan masa kini. Hal  itu dapat dilihat dan cara berpakaian  yang mulai  rnengenakan celana dan  jaket  jeans, cara berinteraksi yang mulai menggunakan istilah-istilah asing dan cara berperilaku   masyarakat   Indonesia  yang  mulai tidak mengenal batasan umur dalam berperilaku Contoh tersebut hanya berupa gambaran umum perubahan-perubahan  kultur   yang  terjadi  di Indonesia. Masih sangat  banyak contoh   kasus yang lain.

Penggunaan  tanda baca  pada kalimat  pertama dalam teks tersebut    tidak tepat   karena ....
  1. seharusnya tanda koma berada setelah kata "barat"
  2. seharusnya ditambah tanda koma lagi setelah kata "barat"
  3. seharusnya tanda koma diletakkan  setelah  kata "menganggap"
  4. seharusnya tanda koma dihilangkan

39.  Cermatilah kutipan teks ulasan berikut.
(1) Meski memiliki cerita cukup serius dan melankolis, adanya Deddy Mahendra  Desta dengan akting humornya membuat emosi dalam film ''Assalamu’alaikum Beijing" ini menjadi dinamis.  (2) Anda tidak  hanya akan melihat  keharuan, tetapi juga komedi ringan yang bisa  sedikit mengubah emosi dan suasana.  (3) Memang film ini menjadi film yang menguras  energi para pemainnya. (4) Akting  Revalina S.Tamat juga  patut ducungi  jempol terutama ketika Asmara jatuh Sakit  karena stroke dan itu bagian yang patut ditonton

Kalimat yang  tidak  padu dalam teks tersebut ditunjukkan oleh  nomor ....
  1.  (1)                   B.  (2)                          C. (3)                           D.     (4)

40.  Cermatilah  kutipan  teks eksposisi   berikut.
(1) Dari kedua peristiwa  tersebut, muncullah konflik kebudayaan yang menyebar ke berbagai  tatanan sosial di pedesaan  yang  terjadi  akibat relatifnya budaya  dan  canggihnya  tekhnologi  komunikasi. (2) Namun, dalam peristiwa tersebut konflik kebudayaan lebih  cenderung  terjadi  akibat relativitas budaya dari masyarakat. Pakraman Bukti (3) Relativitas   budaya merupakan suatu paham  bahwa  setiap individu dalam memahami  kebudayaan lain  harus  dibekali dengan  sikap keterbukaan  dan toleran. (4) Nilai-nilai budaya yang dianut  oleh masyarakat desa Pakraman Bukti tidak mampu menghalau cepatnya proses westernisasi, yang berasal dari turis-turis asing, yang rnengakibatkan     masyarakat desa Pakraman  Bukti  tidak merniliki  suatu  pegangan  nilai yang kuat.

Penulisan kata bercetak  miring  yang  tidak  baku dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A.  (1)                    B.  (2)                          C.  (3)                          D.   (4)

Cermatilah kutipan  cerpen berikut dengan saksama untuk  mengerjakan  soal nomor  41-43.
Karyamin   melangkah  pelan  dan  sangat  hati-hati. Beban  yang  menekan   pundaknya   adalah pikulan  yang digantungi  dua  keranjang  batu kali. Jalan tanah yang sedang  didakinya  sudah licin dibasahi air yang menetes dari tubuh Karyamin   dan kawan-kawan,  yang pulang balik mengangkat  batu dari sungai  ke pangkalan   material di atas sana.
Karyamin sudah berpengalaman  agar setiap perjalanannya selamat, yakni berjalan  menanjak  sambil  menjaga  agar titik  berat beban dan badannya   tetap   berada   pada telapak kaki kiri atau kanannya.  Pemindahan   titik  berat dari kaki kiri ke  kaki kanannya pun harus dilakukan dengan baik. Karyamin harus memperhitungkan  tarikan napas  serta ayunan tangan demi  keseimbangan   yang sempurna.

(Ahmad Tohari, Senyum  Karyamin)

41.  Kutipan  cerpen tersebut merupakan bagian   ...
A.    abstrak                                   C.     komplikasi
B.    orientasi                                 D.     evaluasi

42.  Gambaran dalam teks tersebut menunjukkan sosok tokoh  Karyamin  memiliki  rnakna simbol  ....
  1. rakyat  kecil  yang penuh  pergulatan dalam kehidupan
  2. pekerjaan  masyarakat desa yang  begitu berat
  3. kondisi  fisik orang desa yang ringkih
  4. pekerja di desa yang sudah berpengalaman

43.  Keunikan penggunaan bahasa Ahmad Tohari  dalam kutipan cerpen tersebut terlihat dalam ....
  1. penggambaran sosok tokoh dan alam  sekitar yang begitu  detail
  2. pemaparan  isi    hati   dan  perasaan   tokoh menjadi lebih jelas
  3. penggambaran alam akan membingungkan pembaca yang tidak akrab dengan pedesaan
  4. peran penulis sebagai pencerita terlihat sangat jelas

44.  Cermatilah    kutipan cerpen berikut.
Sebelum  habis  mendaki  tanjakan, Karyamin mendadak berhenti. Dia melihat dua buah   sepeda jengki  diparkir  di halaman rumahnya. Dengung dalam telinganya terdengar  semakin  nyaring. Kunang-kunang di matanya pun semakin banyak. Maka Karyamin sungguh-sungguh berhenti dan termangu. Dibayangkan istrinya yang  sedang sakit harus  menghadapi  dua penagih bank  harian.
Padahal  Karyamin  tahu,  istrinya  tidak  mampu membayar  kewajibannya hari ini, hari esok, hari lusa dan entah hingga kapan, seperti entah kapan datangnya tengkulak yang telah        setengah bulan membawa batunya.
 (Ahmad  Tohari, Senyum Karyamin)

Penyebab  konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.    Tubuh  Karyamin  lemah  dan  berkunang-kunang.
B.     Karyamin yang sedang sakit menghadapi penagih utang.
C.     Keluarga  Karyamin  tidak  bisa  membayar angsuran utang.
D.    Tengkulak membawa pergi  batu  Karyamin tanpa upah.

45.  Cermatilah dan bandingkanlah  kedua kutipan teks berikut.
Teks 1
Di suatu taman   bunga,   hiduplah  seekor laba-laba bemama  Baba yang  memiliki  kemampuan  merajut jaringnya dengan indah. Tidak hanya itu, Baba juga mampu  membuat      sarangnya menjadi  berlapis-lapis.  Tidak seperti laba-laba  lainnya yang  hanya membuat    satu lapis  sarang   saja  untuk  rumahnya.
Karena  kemampuannya tersebut,  banyak laba-laba lain yang  berdecak  kagum  dengan hasil karyanya. Hal  tersebut  membuat  Baba semakin bangga. Ia merasa tidak ada laba-laba  lain  yang mampu membuat  sarang seindah yang  ia buat.
''Hm ...  sarangku begitu bagus" puji Baba pada dirinya sendiri ketika ia telah selesai merajut sarangnya satu tingkat lagi. "Dengan begini, aku bisa dapat banyak serangga dan akan banyak laba-laba  lain yang akan memujiku,"  tambahnya semakin  bangga.
''Baba!''  tiba-tiba  seseorang  mengejutkannya.  Itu Lala, sahabat Baba.
"Eh. kamu Lala? Aku sampai  kaget" Ujar Baba. Lala terkekeh. "Hehe ... iya, deh. Maaf  Kamu baru  membuat  sarang lagi, ya?" tanya Lala.
"lya. Tambah keren, kan sarangku?" Baba menepuk-nepuk dadanya. "Nanti pasti akan banyak  serangga yang kudapat, dan juga akan banyak laba-laba yang akan memujiku  karena  kemampuanku ini. Haha ... "Eh,  Baba!  Gak  boleh sombong," nasihat Lala.
"Seharusnya,  Baba menggunakan kemampuannya untuk membantu sesama. Contohnya,  membagi serangga yang telah didapat dengan teman-teman lain yang  tidak  mendapatkan makanan"

(sumber: http://cerpenmu.com/cerpen -anak/baba-dan-lala.html)

Teks 2
Gamelan yang berkembang  di Yogyakarta  adalah Gamelan  Jawa. Gamelan  Jawa adalah    ansembel musik yang   biasanya   menonjolkan  metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada  Gamelan  Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik  Jawa lainnya. Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan  Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu   dan didominasi  suara seruling.

Jenis  teks   pada   dua   kutipan   di atas  adalah   ....
A.     teks  1 adalah  teks cerpen  dan teks 2 adalah teks  laporan  observasi
B.     teks  1 adalah  teks fabel  dan  teks  2 adalah  teks ulasan
C.     teks  1 adalah  teks fabel  dan  teks  2 adalah  teks laporan  observasi
D.     teks  1 adalah  teks  cerpen  dan teks 2 adalah teks  eksposisi

46.  Cermatilah teks berikut.
Kebersihan lingkungan tidak sulit diterapkan apabila kita mernbiasakan pola hidup bersih dan  sehat. Budaya hidup yang bersih dan sehat akan  mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat  dan produktif sehingga pada akhimya menggapai  kesuksesan.
(Sumber: http://brainly.co.id/tugas/3707682,dengan  perubanan)
Ide pokok teks tersebut adalah ...
A. Kebersihan lingkungan tidak sulit diterapkan.
B. Kebersihan lingkungan tidak sulit diterapkan  jika kita membiasakan pola hidup sehat.
C. Budaya hidup sehat akan membawa banyak  manfaat bagi manusia.
D. Aktivitas hidup sehat mendukung pencapaian  kesuksesan.

47.  Cermatilah cerpen berikut.
''Aaaah... Apa harus terus hidup seperti ini. Ketika hari libur seperti ini tiba. aku hanya duduk duduk santai tidak jelas di depan teras sambil ditemani  air kopi hitam pahit dan pisang goreng saja. Ada  libur dua hari.''
Laki -laki  muda itu  megubah  posisi  duduknya, agak menyamping.
''Aaah ...  aku  mungkin selamanya  bekerja di sana.  Gajinyapun  hanya cukup untuk sehari-hari saja."
Laki-laki tua  mulai me1irik koran disampingnya, kemudian ia membaca sebuah artikel yang terpampang di halaman paling depan.
“Era pasar bebas, siapka Anda?” Hmm…. Hmmm… Hmm… sang laki-laki terus membaca artikel sampai habis.”

Pengubahan  cerpen tersebut agar menjadi teks eksposisi  yang tepat adalah ...
A.    memutuskan  membuka  usaha  sendiri merupakan  pilihan  yang  tidak mudah. Tidak semua  orang tertarik  atau   berani membuka sebuah usaha. Akan tetapi,  di era globalisasi ini kita dituntut lebih  kreatif dan lebih maju, baik dari segi pendidikan maupun segi ekonomi. Salah  satu cara untuk meningkatkan taraf  ekonomi adalah dengan mernbuka usaha sendiri.
B.     Siapa pun   yang hidup sendiri akan kesepian. Kesepian  yang mendera bisa memunculkankan pemikiran untuk mencan mitra Mencari mitra tidaklah mudah. Harus ada pertimbagan-pertimbangan matang sehingga menemukan kecocokan.
C.     Seorang  lelaki  yang  termenung  sendiri sampai pada sebuah pemikiran. Pemikiran untuk mencari kesibukan  yang lebih berarti. Dia sudah muak hanya dengan memikirkan tentang ekonomi atau pasar bebas yang menghadang di depan mata.
D.    Lelaki   tua sepertinya Lupa bahwa dia sore itu tertidur di kompleks  pekuburan  di pojok  kota. Dia telah  melupakan berita  tentang  makin luasnya areal pekuburan  untuk jenazah orang-orang yang  tak dikenal.

48.  Cermatilah kedua kutipan  teks berikut.
Teks fabel
Kali  ini  sang kelinci   mengambil  ancang-ancang untuk  melompat  dari  kejauhan,  lalu dia mulai melompat-lompat   hingga ketika  dia melompat ke buah   anggur itu,  hampir  saja kepalanya  mengenai buah anggur.  Akan tetapi  tetap saja usahanya  sia-sia,  lompatannya tidak  terlalu tinggi. Sang kelinci tidak menyerah begitu saja. Dia  terus  melakukan lompatan  untuk   menyundul buah  anggur  itu dengan penuh harapan buah anggur itu jatuh karena sundulannya.
(Sumber: http://dongengceritarakyat.com)
Teks cerpen
"Ajeng, kenapa  makannya  tak dihabiskan?"  Tanya Mama.
"Aku gak nafsu makan, Ma. Aku mau ke rumah  Hilda aja ya. Assalamu'alaikum"   alibi ku. Aku langsung  ke rumah Hilda.
Belum  sampai pintu,  tiba-tiba ... "Eehh!! Jeng! Gue ikut yaa ?''  Pinta   Azzahfa  dengan tampang muka memelas. Aku memutar   bola mataku.   "Ya udah, cepetan!" sentak  ku, daripada  dapet ceramah    dari  Mama.
(Aldizza Aurelia, Jaipong)

Perbandingan  penggunaan  bahasa kedua  teks tersebut adalah ....
A.    teks  fabel  menggunakan   kalimat-kalimat dialog,  sedangkan  teks  cerpen  dengan pencerita
B.     teks fabel menggunakan  kalimat-kalimat dialog,  sedangkan  teks cerpen menggunakan dialog
C.     teks fabel menggunakan pencerita diaan, sedangkan teks cerpen menggunakan  pencerita akuan
D.    teks fabel menggunakan pencerita, sedangkan teks cerpen juga menggunakan  pencerita

49.  Cermatilah   kutipan  teks  berikut.
Dalam era  globalisasi,  kebudayaan  tradisional mulai mengalami  [ ...   ] Orang,   terutama   anak  muda, lebih senang menghabiskan  waktu  untuk  [... ]  internet dari pada  mempelajari    tarian  dari kebudayaan  sendiri.
Orang akan merasa   bangga   ketika dapat  meniru [...  ] berpakaian orang barat dan   menganggap budaya sendiri kuno dan  ketinggalan.
Globalisasi akan selalu memberikan perubahan. Kitalah yang harus meneliti  apakah budaya-budaya tersebut  bersifat positif atau negatif.

Istilah-istilah  yang tepat  untuk  melengkapi secara urut bagian  rumpang  teks tersebut  adalah  ...
  1. erosi, mengakses, gaya
  2. perubahan,   melihat,  sifat
  3. kemajuan,  membuka,  gaya
  4. erosi,   melihat,  sifat

50.  Cermatilah  teks berikut.
Kupandangi telegram yang barusan kubaca.  Batin galau. lbu  sakit  Diah,  pulanglah. Begitu satu-satunya kalimat  yang tertera  di sana. Mbak Sri menyuruhku pulang? Tapi  Benarkah Ibu sakit?
Bayangan, lbu dengan penampilannya yang tegar  berkelebat. Rasanya baru kemarin aku melihatnya berjalan memberi makan ternak-ternak kami sendirian. Melalui padang rumput yang luas. Berputar-putar di sana berjam-jam. Mengawasi rumah kecil kami yang hanya berupa noktah dari balik bukit.  Tidak. Ibu bahkan tak pernah kelihatan lelah di malam hari.  Saat aktivitas harian yang menguras fisiknya berlalu.  Ibu selalu kelihatan sangat kuat. Tak hanya kuat, dari mulutnya pun masih kerap terdengar ucapan-ucapan pedas, khususnya yang ditujukkan kepadaku. “Jadi perempuan jangan terlalu sering melamun Diah! Bekerja, itu akan membuat tubuhmu kuat!” Komentarnya suatu hari padaku.
(Asma Nadia, Rembulan di Mata Ibu)

Kutipan   cerpen tersebut  menggambarkan tentang ….
  1. kesedihan  tokoh aku karena  telegram yang dikirimkan kakaknya
  2. ibu tokoh aku yang sakit sejak lama
  3. ketidakpercayaan tokoh aku  atas kabar yang mengatakan  bahwa ibunya sedang sakit
  4. kegalauan  tokoh  aku  atas bayangan   mas lalunya tentang  ia  dan ibunya


Selamat Mengerjakan
~ J ~


PREDIKSI SOAL UN BAHASA INDONESIA  SMP TAHUN 2016





1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
PREDIKSI SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2016