Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

KISI-KISI UAS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER 1

KISI-KISI UAS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII 
SEMESTER 1 
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

No
Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Indikator Soal
Jenis  Soal
No  Soal
Ranah Soal
1
1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat

1.Mampu menentukan isi berita dalam satu alinea
Penyimpulan berita
-   Disajikan kutipan teks berita,  peserta didik dapat menentukan isi teks berita.
-   Disajikan dua kutipan teks berita,  peserta didik dapat menentukan kesamaan isi kedua teks berita.
-   Disajikan kutipan teks berita,  peserta didik dapat menentukan isi teks berita.
PG

PG

Esai
1

2

50
C2

C2

C2

1.2.Menuliskan kembali berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1. Mampu menemukan isi berita yang dibaca
Penulisan kembali berita
-   Disajikan dua kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan perbedaan penyajian kedua kutipan teks berita.
-   Disajikan kutipan teks berita,  peserta didik dapat menentukan simpulan teks berita.
PG

PG
3

4
C2

C2

2
2.1. Menemukan makna kata terrtentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan memindai.

1. Mampu menemukan lema (makna kata) secara cepat dan tepat
2. Mampu menemukan makna  kata secara tepat dan cepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
Cara menemukan makna kata secara cepat dan tepat.
-   Disajikan contoh kamus, peserta didik dapat menyusun kamus secara alfabetis.

-   Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan makna kata dalam kamus.
PG


PG
5


6
C3


C1

2.2.Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
1. Mampu membaca 200 kata per menit


2. Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
 3.Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
Membaca cepat
-   Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat  menentukan pertanyaan sesuai dengan isi paragraf tersebut.
-   Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut.
-   Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai isi paragraf.


-   Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan simpulan paragraf.
PG

PG

PG



PG
7

8

9



10
C3

C2

C3



C2

2.3.Membacakan berbagai teks perangkat upacara
1. Mampu memberikan tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
Pembacaan teks perangkat upacara
-  Disajikan bagian teks UUD 1945, peserta didik dapat menentukan penjedaan yang tepat dalam teks tersebut.
-  Disajikan bagian teks doa,  peserta didik dapat menentukan intonasi membacanya dengan benar.
PG

PG

11

12
C2

C2
3
3.1.Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa  yang baik dan benar
1. Mampu menuliskan pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam satu hari
Penulisan
catatan harian/ pengalaman pribadi
-    Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan catatan harian sesuai dengan ilustrasi tersebut.
-    Disajikan kutipan catatan harian, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur yang terdapat pada kutipan tersebut.
-    Disajikan kutipan catatan harian, peserta didik dapat menentukan suasana yang tergambar dalam kutipan tersebut.
-    Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan catatan harian sesuai dengan ilustrasi tersebut.
PG

PG

PG

Esai
13

14

15

49
C2

C1

C2

C2

3.2. Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa.
1. Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi


2. Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif



3. Mampu menyunting surat
Penulisan surat pribadi
Disajikan contoh surat pribadi :
-  Peserta didik dapat menentukan kalimat     pembuka surat pribadi dengan benar.
-  Peserta didik dapat menentukan tempat dan     tanggal surat pribadi.

-    Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menulis isi surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif.
-     Disajikan surat pribadi yang dirumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat penutup dalam surat pribadi yang tepat.
-     Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menulis surat pribadi berdasarkan ilustrasi tersebut.
-   Disajikan contoh alamat surat, peserta didik dapat menyunting alamat surat.

PG

PG


PG

PG

Esai

PG


16

17


18

19

46

20


C2

C1


C3

C1

C3

C3

3.3. Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar.
1. Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman

2. Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
Penulisan pengumuman
Disajikan sebuah pengumuman ;
- Peserta didik dapat menentukan pokok-   pokok pengumuman.
Peserta didik dapat menentukan isi    pengumuman.
-    Disajikan sebuah pengumuman yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang tersebut.
-   Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan kalimat pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut.

PG

PG
PG

PG

21

22
23

24

C2

C2
C1

C2


Kisi-Kisi Uas Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Semester 1





0 komentar:

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
KISI-KISI UAS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER 1