KISI-KISI UAS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII
SEMESTER 1
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
No Soal
|
Ranah Soal
|
1
|
1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
1.Mampu menentukan isi berita dalam satu alinea
|
Penyimpulan berita
|
- Disajikan kutipan teks berita,
peserta didik dapat menentukan isi teks berita.
- Disajikan dua kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan kesamaan isi kedua teks berita.
- Disajikan kutipan teks berita,
peserta didik dapat menentukan isi teks berita.
|
PG
PG
Esai
|
1
2
50
|
C2
C2
C2
|
1.2.Menuliskan kembali berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
1. Mampu menemukan isi berita yang dibaca
|
Penulisan kembali berita
|
- Disajikan dua kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan perbedaan penyajian kedua kutipan
teks berita.
- Disajikan kutipan teks berita,
peserta didik dapat menentukan simpulan teks berita.
|
PG
PG
|
3
4
|
C2
C2
|
|
2
|
2.1. Menemukan makna
kata terrtentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan memindai.
|
1. Mampu menemukan lema
(makna kata) secara cepat dan tepat
2. Mampu menemukan makna kata secara tepat dan cepat sesuai dengan konteks
yang diinginkan
|
Cara menemukan makna kata secara cepat dan tepat.
|
- Disajikan contoh kamus,
peserta didik dapat menyusun kamus secara alfabetis.
- Disajikan sebuah kalimat,
peserta didik dapat menentukan makna
kata dalam kamus.
|
PG
PG
|
5
6
|
C3
C1
|
2.2.Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat
200 kata per menit
|
1. Mampu membaca 200 kata per menit
2. Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
3.Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
Membaca cepat
|
- Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pertanyaan sesuai dengan isi
paragraf tersebut.
- Disajikan
sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan gagasan utama paragraf
tersebut.
- Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai isi paragraf.
- Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan simpulan paragraf.
|
PG
PG
PG
PG
|
7
8
9
10
|
C3
C2
C3
C2
|
|
2.3.Membacakan berbagai teks perangkat upacara
|
1. Mampu memberikan tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
|
Pembacaan teks perangkat upacara
|
- Disajikan bagian teks UUD 1945, peserta didik dapat menentukan penjedaan
yang tepat dalam teks tersebut.
- Disajikan bagian teks doa,
peserta didik dapat menentukan intonasi membacanya dengan benar.
|
PG
PG
|
11
12
|
C2
C2
|
|
3
|
3.1.Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa
yang baik dan benar
|
1. Mampu menuliskan pokok-pokok pengalaman pribadi
yang terjadi dalam satu hari
|
Penulisan
catatan harian/ pengalaman pribadi
|
- Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan catatan harian sesuai dengan ilustrasi tersebut.
- Disajikan kutipan catatan harian, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur yang terdapat pada kutipan tersebut.
- Disajikan
kutipan catatan harian, peserta didik dapat menentukan suasana yang tergambar
dalam kutipan tersebut.
- Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan catatan harian sesuai dengan ilustrasi tersebut.
|
PG
PG
PG
Esai
|
13
14
15
49
|
C2
C1
C2
C2
|
3.2. Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi,
isi, dan bahasa.
|
1. Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
2. Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
3. Mampu menyunting surat
|
Penulisan surat pribadi
|
Disajikan contoh surat pribadi :
- Peserta didik dapat menentukan kalimat pembuka surat pribadi dengan benar.
- Peserta didik dapat menentukan tempat dan tanggal surat pribadi.
- Disajikan sebuah ilustrasi,
peserta didik dapat menulis isi surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif.
- Disajikan surat pribadi
yang dirumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat penutup dalam surat pribadi yang tepat.
- Disajikan
sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menulis surat pribadi berdasarkan
ilustrasi tersebut.
- Disajikan contoh alamat surat, peserta didik dapat menyunting alamat surat.
|
PG
PG
PG
PG
Esai
PG
|
16
17
18
19
46
20
|
C2
C1
C3
C1
C3
C3
|
|
3.3. Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar.
|
1. Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
2. Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
Penulisan pengumuman
|
Disajikan sebuah pengumuman ;
- Peserta didik dapat menentukan pokok- pokok pengumuman.
- Peserta didik dapat menentukan isi pengumuman.
- Disajikan sebuah pengumuman
yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang tersebut.
- Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan kalimat pengumuman yang tepat
berdasarkan ilustrasi tersebut.
|
PG
PG
PG
PG
|
21
22
23
24
|
C2
C2
C1
C2
|
Kisi-Kisi Uas Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Semester 1
0 komentar:
Post a Comment