Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

MENCERITAKAN PENGALAMAN YANG PALING MENGESANKAN DENGAN MENGGUNAKAN PILIHAN KATA DAN KALIMAT EFEKTIF

MENCERITAKAN PENGALAMAN YANG PALING MENGESANKAN DENGAN MENGGUNAKAN PILIHAN KATA DAN  KALIMAT EFEKTIF -  Pengalaman merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang. Semua orang pasti mempunyai pengalaman, bahkan bayi yang baru lahirpun punya pengalaman ketika masih berada dalam kandungan ibunya, walupun pengalaman semacam itu tidak bisa diingat. Jika kita berbicara tentang pengalaman, tentu tidak akan ada habisnya, karena semenjak kita dilahirkan sampai kita beranjak dewasa setiap hari kita mengalami kisah-kisah yang silih berganti setiap harinya.



        Experience Is The Best Teacher, pepatah yang sering kita dengar di mana pepatah ini menunjukkan betapa pentingnya pengalaman sebagai pelajaran kehidupan kita. Pengalaman adalah guru terbaik, pernyataan ini agaknya tidak berlebihan, karena memang pada kenyataanya kita sangat memerlukan pengalaman sebagai pedoman untuk melangkah ke depan. Pengalaman buruk dapat kita jadikan pelajaran agar kita tidak terjerumus melakukan kesalahan yang sama di masa depan. Pengalaman yang baik, selain menjadi kenangan manis, juga bisa kita ambil manfaatnya untuk mengulang sesuatu yang baik. 

Menceritakan Pengalaman dengan Memilih Kata dan Kalimat yang Efektif

        Untuk menceritakan pengalaman mengesankan yang kita alami, ada beberapa kiat yang bisa kita lakukuan, diantaranya adalah :
  • Mengingat kembali pengalaman yang kita alami,
  • Membuat kerangka cerita yang berisi poin-poin penting dari pengalaman kita,
  • Menyusun dan mengembangkan kerangka menjadi cerita yang utuh.
        Jangan lupa untuk menggunakan pilihan kata yang tepat, sehingga cerita kita menjadi lebih menarik. Kita bisa menggunakan ungkapan, peribahasa dan bahasa puitis agar cerita kita menjadi lebih bagus.

Contoh Kerangka Cerita :
1. Hari itu pagi-pagi sekali aku dan teman-teman pergi ke sekolah
2. Sesampainya di sekolah sudah terparkir sebuah bus pariwisata
3. Dalam perjalanan bis yang kami tumpangi mengalami kerusakan mesin
4. Akhirnya kami sampai juga di candi Borobudur walaupun terlambat 2 jam dari jadwal yang sudah ditentukan.


Contoh Pengembangan Kerangka

      Hari itu  pagi-pagi sekali aku dan teman-teman pergi ke sekolah. Kami merasa bersemangat karena hari itu kami akan bertamasya ke candi Borobudur. Sepanjang jalan menuju sekolah kami bercanda dan bernyanyi lagu yang sedang hits pada waktu itu.
    Sesampainya di sekolah sudah terparkir sebuah bus pariwisata. Kami langsung naik dan menduduki kursi yang sudah ditempeli nama sesuai absen. Tepat pukul 07.00 WIB kami berangkat. Di dalam bus aku dan teman-temanku bernyanyi dengan riang. 
     Tiba-tiba sesuatu yang tidak diharapkan menimpa kami. Dalam perjalanan bus yang kami tumpangi mengalami kerusakan mesin. Kemudian pak sopir menelpon seorang montir untuk memperbaiki bus tersebut. Kamipun turun dari bus dan menunggu bus selesai di perbaiki. 
     Setelah 2 jam akhirnya buspun selesai diperbaiki. Kamipun melanjutkan perjalanan menuju Borobudur. Akhirnya kami sampai juga di candi Borobudur walaupun terlambat 2 jam dari jadwal yang sudah ditentukan.


Demikian Postingan tentang Menceritakan Pengalaman yang Paling Mengesankan dengan Mengunakan Pilihan Kata dan Kalimat Efektif, semoga bermanfaat.

Baca Juga Melaporakan Berbagai Peristiwa Secara Lisan

Selamat Belajar...!!! :)






0 komentar:

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
MENCERITAKAN PENGALAMAN YANG PALING MENGESANKAN DENGAN MENGGUNAKAN PILIHAN KATA DAN KALIMAT EFEKTIF